Rabu, 28 April 2010

CCl4 ?

1. Mengapa CCl4 lebih mudah digunakakn untuk memisahkan I2 dan KI dari pada air ?
2. Manfaat pemisahan dan pemurnian ?
3. Apa yang dapat dipisahkan dalam proses destilasi ?

Jawab
1. CCl4 memiliki kemampuan lebih besar dalam melarutkan I2, kemampuannya melarutkan I2-nya lebih besar dibandingkan KI sehingga I2 lebih banyak ditarik oleh CCl4 merupakan pelarut yang bersifat nonpolar, sedangkan air itu bersifat polar. Dalam hal ini I2 juga termasuk larutan yang bersifat nonpolarsehingga untuk memudahkan proses pemisahan ini menggunhakan pelarut CCl4.
2. Manfaat pemisahan dan pemurnian adalah dalam pembuatan garam. Dimana garam dibuat berdasarkan teknik pemisahan dan pemurnian yaitu destilasi yang dapat digunakan untuk memisahkan air laut dengan zat garam yang ada pada air laut tersebut sehingga dihasilkan garam yang dapat kita gunakan untuk keperluan memasak. Karena tidak mungkin kita menggunakan air laut jika kita ingin memasak makanan didapur atau pada saat ingin membuat kue, dan inilah salah manfaat pemisahan dan pemurnian dalam kehidupan.
3. Dalam proses destilasi, pada dasarnya yang dipisahkan itu adalah pelarut dan zat yang terlarut pada larutan itu. Dan berdasarkan percobaan ini, destilasi yang digunakan adalah larutan teh pekat yang merupakan campuran antara teh sebagai zat terlarut dan air sebagai pelarutnya. Teh sukar menguap pada saat air mendidih (100ยบ), sedangkan air dapat menguap saat dipanaskan. Prinsip inilah yang mendasari proses destilasi pada percobaan kali ini. Sehingga dari percobaan ini diketahui, dalam destilasi yang dapat dipisahkan itu adalah pelarut dan zat terlarutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar